Senin, 24 Maret 2014

Pengalaman LASIK


Setelah ragu selama 5 tahun, akhirnya saya memutuskan untuk LASIK. Minus mata saya berdasarkan hasil cek terakhir adalah -10 kiri dan kanan. Setelah menimbang, meragu, dan menimbang kembali for years, akhirnya sampai pada keputusan untuk LASIK di Jakarta Eye Centre.
Keyword: pengalaman lasik, cerita lasik, lasik mata
Day 1 (7 Maret 2014)
JEC Kedoya. Rencana awal hanya mau cek mata pra-operasi, setelah lepas soft lense selama 14 hari, untuk mengetahui apakah bisa di LASIK atau tidak. Awalnya bikin janji ketemu dengan Dr. Johan Hutauruk. Namun nasib menentukan lain. Dr. Johan hari itu tiba-tiba harus melayat. Janji temu saya dipindahkan ke jam 3. Alternatif lain, disarankan ketemu dengan dokter lain, namun nanti jika ingin tetap LASIK dengan Dr. Johan, maka harus ketemu Dr. Johan dulu sebelum di LASIK. Saat itu yang kebetulan sedang praktek ada Dr. Donny V. Istiantoro dan Dr. Iwan. Setelah baca riwayat kedua dokter ini, akhirnya saya pilih Dr. Donny. Well, we can’t be 100% sure about things like this anyway.
Sebelum ketemu Dr. Donny, dicek mata Basic Diagnostic dulu, hanya cek mata awal seperti yang dilakukan di optik-optik. Ketemu Dr. Donny dicek sebentar. Dr. Donny sepertinya sudah menangkap sinyal bahwa saya memang sudah siap di-LASIK jika memang hasil pemeriksaan nantinya OK. “Saya juga sudah di-LASIK koq tahun 2006”, kata Dr. Donny. “Waktu itu teknologi belum secanggih sekarang malah. Kalo hasil cek nanti tidak ada masalah, Ibu bisa langsung LASIK nanti siang”. What?? Hari ini juga? Tapi gak ada salahnya juga. Jika memang sdh siap, menunda tidak akan memberikan efek apa-apa. Apalagi saya lumayan jauh dari Bogor.
Ok, let’s do the test. Setelah ditest entah oleh berapa macam mesin. Hasilnya langsung keluar dan saya diantar kembali ke Dr. Donny. Beberapa menit Dr. Donny mengecek hasil test mata saya satu per satu. Gak lama Dr. Donny bilang: OK, hasil cek nya gak ada masalah untuk LASIK. Jadi gimana? Mau LASIK hari ini? Masih setengah percaya kalo saya akan LASIK hari itu juga. May God give me the best result. Amin. Akhirnya saya jawab: Iya Dok.
Lalu saya juga tanya: apakah minus mata saya akan dihabiskan atau disisakan sedikit. Kata Dr. Donny: targetnya sih 0. Tp nanti diLASIK nya akan disetel menyisakan –0.25 sampai –0.5 karena untuk kasus -10 seperti saya biasanya nantinya akan berbalik ke plus. Jadi minus disisakan sedikit utk menjaga hal tersebut. Saya pribadi tidak keberatan dengan hal itu, karena bisa ‘memangkas’ minus mata dari 10 menjadi hanya 0.5 sdh merupakan berkah yang luar biasa buat saya. Itupun minusnya masih ada kemungkinan hilang nantinya. Then saya juga nanya: sakit gak Dok? Jawabnya: Gaak, udahannya cuma kayak kelilipan aja.
Most frequently asked question: Gimana rasanya di-LASIK? Di-LASIK rasanya menegangkan!! Hehehe.. Ya pastilah! Secara mata itu aset yang sangat sangat berharga. Saya sampe bisa ngerasain detak jantung sendiri. Dug..dug..dug.. Hiiii... During the procedure, tidak terasa sakit, karena mata dibius lokal. Tugas kita hanya melihat titik/cahaya merah, usahakan jangan lirik-lirik. Gak usah takut ngedip secara gak sengaja, krn mata dikasih penyangga jadi memang gak bisa ngedip.
LASIK yang saya jalani adalah Z-LASIK 6 dimensi. Prosedur dapat disaksikan oleh keluarga/pendamping melalui LCD TV yang dipasang diruang tunggu. Kita akan diminta persetujuan agar prosedur operasi bisa ditayangkan, yang artinya bisa dilihat oleh semua orang yang kebetulan ada di ruang tunggu pada saat itu. Jika tidak setuju, maka tidak akan ditayangkan sama sekali.
Total dari masuk ruang operasi sampe keluar tidak sampai 15 menit. Sebelum masuk ruang operasi, pasien diminta untuk membaca hal-hal yang harus dihindari pasca operasi, dan diminta untuk tanda tangan jika sudah membaca dan memahami (copy nya dibawa pulang juga nantinya). Lalu diberikan baju operasi, tp hanya dipakai di luar saja, tidak sampai ganti baju, dan dipakaikan penutup rambut. Mata dibersihkan, diberi betadine, dan ditetesin tetes mata bius. Menjelang masuk ruang operasi, tetes bius diulangi sekai lagi. Masuk ruang operasi, pasien dibaringkan di tempat tidur dengan penahan di sekeliling kepala, supaya kepala tidak bisa bergeser/goyang. Mata kanan dikerjakan terlebih dahulu. Proses pembuatan flap berlangsung kira2 15 detik. Ada bunyi tiiit..tiiit.. hingga 15 kali, dan ada asisten yang membantu hitung mundur 15.. 13.. 10.. 8.. 5.. 3.. 2.. 1.. selesai. Begitu juga proses laser kornea. 15 detik, selesai. Pada saat dilaser tercium bau gosong, kayak rambut kebakar (terlalu serem kalo dibilang daging kebakar. Hehehe..). Setelah selesai flap ditutup kembali, lalu mata terasa kayak dikuas dengan diberi semacam cairan. Same procedure for the left eye.


Pada saat sudah selesai dengan mata kiri, dokter lalu meminta pasien (saya) untuk bangun, “Coba buka mata, apakah bisa melihat?” Saya jawab,” Bisa, Dok. Cuma agak buram.” Dokter nanya lagi,” Tapi lebih jelas dibanding waktu masih minus 10?”. Saya jawab, ” Ya.” Lalu dokter bilang, “ Ok, operasinya berhasil ya Bu. Besok Ibu tidak perlu kontrol, kontrol ke sini Rabu depan aja (hari ke-6). Ibu kan juga jauh dr Bogor. Nanti besok sms aja ke saya, tar saya telp, saya tuntun untuk cek penglihatannya..” “Ok Dok.” Tadinya sebelum operasi, dokter sempat bilang, 1 day after operasi pasien mesti datang untuk kontrol.
Nah, setelah keluar dari ruang operasi... Barulah penderitaan dimulai. Sakitnyaaaaaa... bingit-bingiiiit! Sakit + takutt!! Ini sih sakitnya uda bukan kayak kelilipan Dokterku sayaaaang. Ini mah kelilipan pasir setonn! Deg-degan dan bertanya2: Apa memang kayak gini yah sakitnya? Nanya ke suster, jawabnya: tiap orang beda-beda sih Bu.. Ada yang cuma stengah jam, ada yang 1 jam, ada yang 3-4 jam sakitnya. Ada juga yang gak sakit. Ok, ya sudah dijalanin aja. Toh sudah kadung. Mudah2an tidak lama sakitnya. Lalu susternya juga bilang: Biasanya pasien disaranin langsung pulang supaya bisa tidur, bangun tidur biasanya sudah gak sakit. Sakit gini gimana caranya tidur yak? Ya udah merem aja deh pokoknya, secara juga emang gak kuat buka mata.
O ya, saya diberi ponstan 2 biji, 1 lgsg diminum, 1 lg diminum nanti 5 jam kemudian bila masih sakit. Mata diberi kaca mata gogle utk menjaga dari segala jenis gangguan.
Setelah suami beres dengan segala administrasi (bayar membayar maksudnya), saya pun diizinkan pulang sambil bawa bingkisan. Isinya 3 macam obat tetes mata yang harus digunakan sesuai anjuran. Cenfresh ditetes 1 jam sekali, LFX dan Tobradex ditetes 4x sehari. Dianter dengan kursi roda sampe depan lobby, lalu dengan mulus naik ke mobil. Di mobil mata masih terus tertutup dan masih sakiiitt, malah kayaknya tambah sakit. Mungkin karena menurunnya efek bius. Yang saya inget, setiap ada bumping/goncangan dijalan, sakitnya lebih terasa. Sialnya, jalanan mulus hanya sampai keluar tol aja. Hasil dari musim hujan, jalanan menuju rumah di katulampa is now pretty bumpy alias rusak parah. Hiks
Sampai rumah mata masih blom bisa buka, sakitnya masih. Dituntun ke kamar di lantai 2, tetes mata, lalu tiduran, tapi gak bisa tidur karena masih sakit. Tapi kira2 30 menit kemudian, sakitnya sdh hilang. Total kira2 sakit selama 3 jam. Mata masih blom bisa buka. Dicoba buka dikit, sakit, tp sekilas penglihatan sdh terang. Asyiiikk...
Setelah itu ponstan yg satunya tetap diminum, buat jaga2 kalo ntar sakit lagi. Kan ponstan bekerja 1 jam setelah diminum. Sekitar 2 jam kemudian mata sdh bisa dibuka walaupun msh agak berat. Langit di luar sudah gelap, tapi gak tau jam berapa. Dibeliin Bolopronto Fussili dari PHD buat makan malam, karena hari ini tukang masaknya lagi off abis diLASIK di JEC. Hehehe.. Karena sakit sudah hilang, akhirnya bisa tidur sampe pagi.

Day 2 (8 Maret 2014)
Sesuai janji, jam 10 pagi saya sms Dr. Donny. Lalu langsung ditelp dari rumahnya (sabtu Dr. Donny libur). Lalu dituntun untuk coba liat teks di TV, apakah kebaca? Lalu, tutup mata kiri, tp jangan sampe menyentuh mata, coba liat teks lagi apakah kebaca? Demikian juga sebaliknya. Lalu coba baca koran dengan jarak normal kira2 30 cm. Overall cukup bagus, walaupun masih berbayang, tapi kebaca. Kacamata gogle sudah bisa dibuka. Dipake kalo tidur aja, utk menghindari terkucek secara gak sengaja. Saat itu juga sdh bisa bbm ngabarin keluarga n temen.

Day 4 (10 Maret 2014)
Hari ini di pagi hari penglihatan agak menurun. Sms ke Dr. Donny. Disuruh tetes cenfresh agak banyak. Setelah itu penglihatan agak membaik. Kesimpulan: di pagi hari setelah tidur mata cenderung agak kering, yang menyebabkan penglihatan kabur. Ini berulang juga pada hari-hari berikutnya. Satu hal lagi, kalo malam liat lampu mobil ada efek halo.

Day 6 (12 Maret 2014)
Kontrol ke Dr. Donny. Hari ini antrian agak panjang. Dapat nomer 22. Sebelum ketemu dokter, dicek dulu di Basic Diagnostic Room. Petugasnya sangat ramah, tp tidak berkomentar apa-apa. Lalu gak lama dipanggil ke ruangan Dr. Donny. Di test baca, barisan pertama kebaca. Tp barisan kedua yang lebih kecil agak burem. Tenang aja, gak usah dipaksain, kata Dr. Donny. Soalnya dari -10, jadi mata masih pelan-pelan menyesuaikan. Buram bukan brarti masih minus. Lalu pas diperiksa dengan lampu yang disorot ke mata dari arah samping, mata kiri agak kering, katanya. Pantesan saya juga ngerasa mata kiri lebih buram, kayak kalo pake soft lens, dan soft lens nya lagi agak kering. Begitu kira-kira rasanya. Teman-teman yang lama menggunakan soft lens mungkin paham maksud saya.
Lalu saya sempat menanyakan minus mata saya sisa berapa? Hampir 0, kata Dr. Donny. Kornea saya dari tebal berapa menjadi berapa Dok? Sebelum operasi sekitar 500 mikron, setelah operasi 250 mikron.
Dr. Donny meminta saya untuk kontrol lagi 3 minggu kemudian dan meresepkan Solcoseryl Eye Gel dan Esther C untuk mengurangi mata kering. Sebetulnya saya tidak merasa mata saya saat itu kering. Mungkin karena saya terbiasa memakai soft lens, sehingga sudah terbiasa dengan yang namanya mata kering. Obat tetes lain diteruskan sampe habis. Khusus Cenfresh saya inisiatif beli lagi untuk jaga-jaga. Cenfresh adalah pengganti air mata, tidak mengandung antibiotik.
Sorenya saya iseng cek di Optik Melawai dan Seis. Di Optik Melawai hasilnya agak lucu. Penglihatan jauh +1.25 utk mata kanan, +0.75 utk mata kiri. Padahal yang biasanya plus adalah penglihatan dekat. Optician nya agak bingung, dan menduga mungkin mata saya lelah. Saya juga gak info sih kalo habis LASIK. Hehehe.. Di Optik Seis, karena memang langganan, mereka memang tahu bahwa saya ada rencana LASIK. Jadi pas saya masuk, sudah langsung ditanya, “Sudah LASIK Bu?”. Hasil cek di Seis mata kanan -0.25, kiri -0.75, cuma pas dites baca agak berbayang, katanya kemungkinan ada cylinder nya. Mungkin itu sebenarnya efek halo yang belum hilang.

Day 14 (21 Maret 2014)
Bangun pagi mata kiri saya buram sekali. Seperti ada kabut yang menyelimuti. Mata kanan sebaliknya, terang dan jelas sekali.  Saya tetesin cenfresh sesering mungkin, bahkan tiap 15 menit sekali kyknya. Pakai solcoseryl gel jg. Tp sampai jam 11 siang mata kiri masih buram juga, akhirnya saya sms Dr. Donny. Langsung dibalas,”Saya ada di kedoya sampe jam 14.00, mau dilihat?”. “OK, sy otw dari Bogor Dok, tolong ditungguin.”
Pas diperiksa sama Dr. Donny, katanya kornea mata kiri saya kering dan kasar sekali. Cek punya cek, ternyata bulu mata saya ada sebagian yang mengarah ke dalam, terutama yang bagian bawah. Jadi setiap ngedip, bulu-bulu mata yang nakal itu menggores kornea mata saya. Oalaaahh.. Akhirnya dicabut deh itu bulu-bulu mata yang muncung ke dalam one by one. Sakit? Jangan ditanya lagi. Hiks. Mana takut kecolok lg. Bulu mata kanan jg ada yg dicabut, tp cuma 3 helai kayaknya. "Uda kayak di salon aja", kata Dr. Donny. Hehehe..
Ajaibnya, kira-kira 1 jam setelah bulu mata dicabut, mata kiri berangsur sembuh, walaupun belum sejelas mata kanan. Tp minimal kabutnya sdh hilang. Besoknya sudah normal lagi.
Hhhh.. Bener-bener deh.. Pengalaman LASIK kayak gini cukup sekali seumur hidup. Tapi overall saya tidak menyesal sudah menjalani LASIK di JEC. Seandainya minus mata saya cuma 3.5, mungkin saya akan menyesal. Not worth the pain and worry. In my case, minus mata saya sudah 10. So, hasil yang dirasakan sangat signifikan. Biarpun nantinya mata saya masih bersisa -0.5, saya sih rela aja. Mudah-mudahan pemulihan bisa lancar-lancar aja.

Day 30 (7 april 2014)
Kondisi mata sudah lebih stabil. Selama sebulan ini penglihatan pelan-pelan makin membaik. Tetes mata juga hanya 3-4 kali sehari. Bangun pagi mata msh terasa kering, terutama mata kiri. Jadi kalo pagi mata kiri sy beri 2 tetes cenfresh, yang kanan 1 tetes saja.
Pada titik ini sy sampai pada kesimpulan bahwa pemulihan mata kiri sy tidak secepat/sebaik mata kanan. Kalo ditutup sebelah, mata kanan sedikit lebih jelas dibanding mata kiri. Akan tetapi secara keseluruhan pandangan mata cukup baik. Efek halo sdh jauh berkurang. Jadi kalo ditanya apakah cukup puas. Jawaban sy:  Ya. Dunia saya sekarang jauh lebih terang dan jelas. Tidak perlu ribet pake dan copot contact lens setiap pagi dan malam. Kalo bangun tengah malam juga tidak perlu cari kaca mata lg. 
Cek lagi di Optik, kiri kanan minusnya sdh 0. Malah ada plus 0.25. Rencana kontrol lg ke Dr. Donny minggu depan.
O ya, total cost sampai saat ini sekitar 29 juta. Utk pemeriksaan pra-LASIK 1,5 juta. LASIK nya sendiri 26 juta. Obat-obatan yang dibawa pulang sehabis LASIK 500 ribuan. Biaya dokter + tindakan + tambahan gel dan tetes mata pada saat insiden bulu mata 700 ribuan. Tambahan Cenfresh yang dibeli ecer (biasanya beli 2 strip @ 5 tube kecil, lalu kalo habis beli lagi) di apotik sekitar 300 ribu. 

Day 49 (25 April 2014)
Kontrol lagi ke Dr. Donny (baru skrg krn jum'at lalu tanggal merah). Hasil cek agak mengejutkan. Mata kiri terkoreksi agak banyak, pandangan jauh +1.0 (tepok jidat). Mata kanan 0. Selain itu juga ada cylinder 0.5. Pantesan mata kanan lebih jelas.
Mnrt Dr. Donny pada kasus mata minus memang biasa terjadi koreksi (seperti pernah dijelaskan sebelumnya). Makanya minus mata saya disisakan sedikit. Kebetulan untuk mata kiri saya koreksi nya agak banyak. Diminta untuk kontrol lagi 3 bulan pasca LASIK. Jika memang msh sama keadaannya dan saya merasa tidak nyaman dengan kondisi itu, bisa dilakukan retreatment (maksudnya di LASIK lagi) gratis. Tapi jika sy merasa oke-oke saja dengan kondisi begitu, ya tidak perlu retreatment.
Di permukaan kornea kiri jg msh ada goresan bekas terbaret bulu mata dan juga masih ditemukan beberapa bulu mata yg muncung ke dalam (hadohmak!). Dr. Donny sampe nunjukin di layar monitor, bulu-bulu mata yang menusuk kornea. Jadi mau gak mau dicabut lagiii.. Hiks. Bulu mata oh bulu mata..
Diresepin tetes mata Hyalub untuk ngurangin mata kering.
Untuk masalah retreatment, mnrt Dr. Donny tebal kornea saya masih memadai untuk LASIK kedua. Kalo baru 3 bulan pasca LASIK, flap msh gampang dibuka kembali. Untuk mengoreksi plus, LASIK dilakukan di bagian tepi kornea, sementara untuk mengoreksi minus dilakukan di bagian tengah kornea. Jadi sebetulnya LASIK kedua nanti (jika jadi) tidak mengurangi tebal kornea.
Jadi galau.. Nanti mau diLASIK ulang gak ya? Sebetulnya jujur tidak terlalu mengganggu sih, penglihatan dengan 2 mata so far baik-baik aja. Baca koran ok, nonton TV 50" dari jarak 5 m juga jelas teksnya. Cuma kalo dibandingin masing2 mata, baru terasa bedanya. Kalo diLASIK ulang, saya takut ada efek negatifnya.

3 Month (16 Juni 2014)
Akhirnya saya putuskan untuk cari second opinion, spy galau tidak berlanjut. Janjian dengan Dr. Johan Hutauruk untuk hari jum'at (13 Juni 2014), tp kemudian ditelp dr JEC, direschedule ke senin. Dapat nomor antrian 27, nunggu dari jam 10.00 sampai jam 13.00 baru dpt giliran. Kalo diperhatiin memang rata-rata waktu konsul tiap pasien Dr. Johan agak lama. Artinya Dr. Johan cukup sabar dan telaten melayani pertanyaan pasien.
Tiba giliran saya, Dr. Johan melihat dulu record medis saya dan hasil Basic Diagnostic hari ini. Lalu mengecek fisik mata saya. Mnrt Dr. Johan penglihatan saya makin hari makin terang/membaik. Mata kanan sdh 0. Mata kiri untuk pandangan jauh +0.75 (terakhir +1.00 pada bulan April). 
Saya    : Waktu 1 bulanan pasca Lasik, krn hasil test mata kiri saya terjadi over correction, Dr. Donny menyarankan untuk retreatment apabila nanti setelah 3 bulan kondisinya masih sama. Tapi jika saya merasa nyaman dengan kondisi tersebut, maka tidak perlu retreatment. Mnrt Dokter bagaimana?
Dr. Johan : Kalo mnrt saya tidak perlu. Krn kondisi mata anda membaik. Kalo memburuk saya baru sarankan retreatment. Ini juga masih bisa membaik lagi
Saya    : Kondisi mata plus jauh begini, dengan saya bertambah umur apakah nantinya akan bertambah plus jauhnya. Kalo yang mata menua itu plus jauh apa plus dekat ya Dok?
Dr. Johan : Kalo mata tua itu plus untuk pandangan dekat. Jadi kalo untuk baca dekat susah. Beda sama plus untuk pandangan jauh
Saya   : April tahun depan saya ada rencana untuk trekking ke Everest Base Camp (kaki gunung Himalaya). Ketinggian 5.400 mdpl. Saya baca untuk mata yang pernah diLasik, akan ada masalah. Apa betul Dok?
Dr. Johan : Memang akan ada pengaruh, krn di altitude tinggi kadar oksigen di udara sangat rendah dan juga kering. Tp tidak masalah, nanti pas mau pergi saya kasih obatnya. (Dokter malah sempat bercanda. "Saya mau ikut donk", katanya :))
Saya    : Bulan-bulan lalu saya sempat punya masalah dengan bulu mata yang tumbuh ke arah dalam sehingga menggores kornea mata kiri. Kondisi kornea saya sekarang bagaimana? Lalu untuk solusi jangka panjangnya bagaimana? Apakah harus dicabut terus?
Dr. Johan : Sudah membaik tapi masih ada bekasnya sedikit. Bulu mata kalo tumbuh yang baru, harusnya sudah lebih bener arahnya.
Saya   : Biasanya berapa lama baru sembuh bener Dok?
Dr. Johan : kira-kira 6 bulan

Dr. Johan meresepkan tetes mata Systane (menggantikan Hyalub) dan Vitamin mata Nutrivision. Diminta kontrol lg 3 bulan kemudian.

7 months (3 October 2014)
Hari ini kontrol lagi ke Dr. Johan. Hasilnya: menurut Dr. Johan kondisi mata sy makin membaik. Plus pandangan jauh pada mata kiri katanya sdh hilang. Namun mata kanan -0.25.
Kalo saya sendiri merasakan walaupun mata kiri pelan2 getting better, pandangan mata kanan tetap sedikit lebih jelas dibanding mata kiri, namun tidak signifikan bedanya. Tetes mata jg sdh tidak perlu sering2. cukup 2-3 kali sehari.
And, once again, harus cabut bulu mata lagi.. krn ternyata msh ada yg salah arah (hadeuh..). Kornea mata kiri dan kanan terbaret lg oleh bulu2 mata yang nakal. Please, eye lashes.. Be nice..
Dr. Johan meresepkan tetes mata ProtagentA dan Vitamin mata Nutrivision. 
 
Sekian sharing dari saya seputar pengalaman LASIK. Semoga bermanfaat.

31 komentar:

  1. Selamat ya Bu, sudah berhasil di lasik, salam kenal Bu, nama saya Lena, gimana kondisi matanya sekarang? saya juga -10 sih sama ada silinder -4 atau -5, sudah ke dokter johan suruh lasik, tapi saya masih blm berani di lasik, masih binggung, baca2 pengalaman orang yang gagal lasik jadi serem, apalagi minus dan silindernya tinggi bener. ibu sekarang umur berapa ya?

    BalasHapus
  2. Maaf lama bales nya Bu Lena.. Maklum sy agak gaptek. Baru ngeh ada comment. Hehee..
    Umur saya skrg 33 tahun. Kondisi skrg so far ya seperti yg sy ceritain di blog. Mata kiri tidak se-perfect mata kanan. Tp makin lama makin mendekati sih. Overall sy cukup puas.. Skrg sy bisa hiking, tp blom brani berenang. Cuma msh ketergantungan sama tetes mata, minimal bangun pagi harus ditetesin, dan juga kalo kelamaan di ruang ac.
    Ibu Lena silindernya tinggi ya? Seinget sy dokter Donny pernah bilang : gak bisa menang semua.. Terakhir dicek di optik seis, ktnya sy ada silinder sedikit. Tp jujur tidak mengganggu sih..

    BalasHapus
  3. Hi Olive, akhirnya di balas juga my comment, hehe.... berarti saya lebih tua setahun dari anda, menurut kamu bagusan Dr. Johan atau Dr. Donny? Ohya, kamu ada dpt gejala spt Glare, Halo, sturbust? soalnya kata dokter org yg minusnya tinggi resiko kena efek samping seperti itu lebih tinggi. kamu bisa bawa mobil malam hari sekarang? dokter di sin bil gak bisa habis mata sy kalo di lasik , bisa nyisakan -2 tapi Dr. Johan bil bisa 0. binggung juga, Di sin mahal bener bisa habis 100jt. ohya dulu sebelum dilasik kan pake softlens kan? matanya suka belekan gak? ohya perlu kontral 6 bln gak? uda 6 bln ya pasca lasik.

    BalasHapus
  4. Hi Mba Lena.. Sy panggil Mba aja ya..:-) Efek glare, halo, dan starburst pd awal pasca lasik memang ada. Tp gak parah sih.. Itupun pelan2 berkurang. Sbnrnya 1 bulan pasca lasik sy sdh mulai nyetir di malam hari sekali2. Tp awalnya sy pake kaca mata yg bisa ngurangin silau (nemu di ace hardware). Skrg sih uda gak perlu, malah kadang sy bawa mobil ke gunung malam2. Hehee..
    Dr. Donny dan Dr. Johan mnrt sy sama2 ok.. Yg me-Lasik sy adalah dr. Donny. Hasilnya so far ok. Dr. Johan sptnya lbh senior dan berpengalaman.
    Yup, sy pake softlens selama kurleb 18 thn. Dulu, sblm lasik, kadang suka belekan. Tp paling 2-3 hari, dan gak sering sih. Skrg tidak lg. Tp mgkn bukan pengaruh lasik yaa..
    Wuih, di sing mahal bingit ya Mba..

    BalasHapus
  5. Hi mba olive, lagi baca2 tentang lasik n pas banget nemu blognya mba. Mau tanya pas cek pertama kali ke dokter sebelum lasik copot softlens dl atau tidak? Saya baca kalau mau cek lasik itu harus lepas softlens minimal 2 minggu. Setelah operasi itu berapa lama baru bole aktifitas seperti kerja atau lihat monitor atau layar tv?
    Saya umur 31 tahun, minus sudah lama tidak pernah cek tapi saya pakai softlens sejak kuliah minus 6, memang untuk kasus melihat terlalu jauh harus micing2 mata dl baru kelihatan. Dan saya ada rencana untuk naik pesawat jg, jadi mau kira2 dl perlu jeda berapa lama sampai bole naik pesawat.

    Tolong dijawab yah. Thankssss

    BalasHapus
  6. Hai Silvia.. Yup, sblm cek pra-lasik harus copot contact lens selama bbrp waktu. Utk soft lens 2 minggu spt pd kasus sy. Utk hard lens kalo gak salah 1 bln. Jd pd saat sy telp ke JEC utk bikin janji temu dokter, sy lgsg diberitahu agar lepas soft lens dulu 2 minggu, baru ketemu dokter sekalian cek, spy gak bolak balik.
    Pasca lasik, bsk nya sy sdh coba liat teks di tv, tp sebentar aja, gak berani lama2, krn mata masih sensitif terhadap cahaya. 2 minggu pasca, sy baru mulai kerja dgn komputer, itupun tdk berani lbh dr 10 menit. Intinya, sy berusaha mengurangi ekspos mata terhadap radiasi. Baca buku jg agak sy kurangi (sy sangat hobby baca sejak kecil). Krn lasik hanya mengkoreksi kelainan mata yg existing pd saat tindakan lasik. Pasca lasik, minus atau plus bisa terjadi lg jika mata msh sering terekspose kpd hal-hal yg merusak mata. Saat ini, sy menggunakan kaca mata dgn lensa anti radiasi apabila harus bekerja agak lama dgn komputer.
    Temen2 sy yg lasik di Penang biasanya menginap 1 malam di hotel/kondo di Penang pasca Lasik. Jadi, misalnya hari ini diLasik, bsknya kembali ke dokter utk di cek, sorenya lgsg pulang ke medan by plane. Org medan senang lasik di penang krn dekat, naik pswt hanya 30 mnt. Tp, better tanyakan ke dokter lgsg ya.. beda case, mgkn beda rekomendasi nya.
    Ok, Silvia.. mudah2an terjawab yaa

    BalasHapus
  7. Mba olive, sekedar update saja. Saya sudah lasik di JEC tgl 22 des 2014 kmrn dengan dr. Johan. Jadi sekarang sudah seminggu lewat. Blom sempet kontrol lagi ke dokter johan, baru dapet nanti tgl 12 jan krn dia cuti n full jadwalnya. Setelah lasik emang perih kyk masuk klenteng penuh dupa, tp abis dibawa tidur besokannya lsg cling. Balik lagi je JEC untuk cek ke dr. Rini (dr johan praktek di menteng hari itu). Menurut dr. Rini masih ada kabut tp itu akan hilang perlahan dalam waktu sebulan. Sekarang kadang masih suja burem2 waktu baca tulisan yg kecil atau yg besar. Mungkin matanya masih menyesuaikan kali yah. Tp overall sudah sangat jauh lebih jelas. Boleh tau kapan sih sudah boleh matanya kena air? Soalnya saya sampai skrg masih bersihin muka dengan washlap, takut matanya kenapa2. Mata kering ini emang lumayan lama baru ilang yah? Thanks sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silvia, sorry baru sempet bales.. sy kalo gak salah hari ke 10 baru cuci muka pake air. itupun mata ditutup rapet2 dan blom brani pake sabun. pokoknya dr semua petunjuk dan larangan yg diberikan pasca LASIK itu sy lebih2in brp hari biar aman. hehee
      Mata kering emang lumayan lama. sampe skrg (10 bln pasca) sy masih pake tetes mata pas bangun tidur dan sblm tidur, krn pas bangun masih berasa kering. Mnrt Dr. Donny sih krn laser itu kan panas dan saluran air mata byk yg terputus selama dilaser. Makin byk koreksi nya, makin lama laser bekerja (walaupun hanya beda hitungan detik), maka efek kering makin tinggi. Tp inget jgn diganti ama Insto dkk ya.. memang jauh lbh murah, tp mengandung pengawet. Ikuti petunjuk dokter atau setidaknya cenfresh.
      Selamat Silvia.. Sy turut senang. Skrg sdh bebas kaca mata dan softlens.. Dijaga ya.. Semoga awet..

      Hapus
  8. Mbak saya kan habis di lasik 3hari yang lalu mata kanan saya lebih baik dari mata kiri yg buram apa mbak juga merasakannya? Kira2 bisa normal berapa hari atau berapa bulan trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Zulkifli. Kebetulan sy jg sama. Mata kanan lbh jelas, tp bedanya sedikit banget. Bagi yg minusnya byk spt sy 1 minggu pasca LASIK aja rasanya pandangan sdh ok. Sudah puas. Tp ternyata setelahnya masih getting better..

      Proses pemulihan sy rasakan sampai 7-8 bln. Artinya sampai 7-8 bln pasca msh terasa pandangan pelan2 membaik dan membaik. Namun, krn sy ada mslh dgn bulu mata yg menggores kornea, kadang-kadang terjadi penurunan yg pd akhirnya membaik lg. Penurunan yg dimaksud adl pandangan spt berkabut seperti yg sy ceritakan di atas. Namun overall pandangan sy rasakan terus membaik sampai 7-8 bln. Skrg stlh 10 bln rasanya sdh stabil

      Hapus
  9. Hi mba..

    Saya riri. Saya baru melakukan lasik minggu lalu d JEC Kedoya. Mata kanan saja, dari 6.50 menjadi 0.75 (berdasarkan hasil BDR). Awal lasik, mata saya rasanya terang banget, berasa mata baru loh. Tp, senin, abis bangun tba2 mata saya kabur sampai skrg. Saya tidk diberikan resep cenfresh. Ketika saya konsultasi ke dokter, tanya brp min saya dan apakah ada plus, krn kl saya baca dekat malah ga kelihatan. Dokter cm blg, mata saya dalam penyesuaian, dan dari awal saya udah blg memang akan ada kemungkinan kalo baca dekat jd bakal terganggu.

    Saya juga tdk dberikan cenfresh. Apakah saya bsa beli cairan ini dan digunakan tanpa resep dokter!

    Menurut mba gmn y? Apakah saya tunggu saja sampai bulan depan? Atau saya cari 2nd opinion?
    Krena jujur pas hasil BdR juga saya tanya apa ada plus, staff nya cm blg, dokter yg berhak menjelaskan.

    Makasih ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Desri, apakah dibekali dgn tetes mata? Spt sy cerita di atas, sy sempet ngalamin penglihatan agak buram. Tp membaik setelah ditetes. Cenfresh pd dasarnya cairan pengganti air mata. Bisa bebas dibeli di apotek. Tp kalo Mba Desri sdh dibekali dgn tetes mata, pake yg ada harusnya cukup ya.. Cari second opinion sbnrnya bebas2 aja sih Mba.. Sy jg melakukan hal yg sama.

      Mudah2an cepat membaik yaa

      Hapus
  10. interesting story overall pada insiden bulu mata. saya nadia, baru mau periksa ke dokter mata di semarang besok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Olive, thanks for sharing mba.. skrg gimana ya perkembangannya, makin baik dan apa udah nggak kering?

      Mba Nadia, sy domisili Semarang juga.. lg nyari2 referensi bagusan mana ya Semarang Eye Centre ato KMN, pengennya lasik tp kalo baca2 bberapa yg byk side effect nya masih ngeri dan ragu2.. klo boleh tau mba periksa dmna ya?

      Hapus
  11. Hai,mbak.

    Saya berumur 25 tahun. Mata kiri saya -14 dan kanan -22. Saya boleh tanya harga lasik untuk kedua bola mata mbak brp y?.hehe...mau nabung untuk lasik ato tanam lensa,mbak. mohon dikirim ke email :cindy_lie@ymail.com.
    Makasih y,mbak

    BalasHapus
  12. Dear Mba Fenny, sorry baru bales.. balik dr nepal sy baru skrg sempet buka2 blog. setau saya lasik maks hanya bisa sampai -12. di atas itu setau sy harus tanam lensa. mama sy -15. dan kebetulan sdh ada katarak di umur 50an. jd waktu itu mama sy dibersihkan kataraknya dan diganti lensa matanya dgn yg sdh ada penangkal minusnya. sejatinya pd proses operasi katarak memang lensa mata harus diganti krn memang rusak krn katarak. dlm kasus mama sy, sekalian dipasangkan lensa yg mengatasi -15. mama sy menjalankan prosedur itu setahun sblm lasik sy. so far pandangan matanya msh bagus. sy jg pernah dengar ada bibinya temen yg minus -20 menjalankan tanam lensa. coba aja dikonsul ke dokter mata. semoga ada jln terbaik

    BalasHapus
  13. Dear Mba Fenny, sorry baru bales.. balik dr nepal sy baru skrg sempet buka2 blog. setau saya lasik maks hanya bisa sampai -12. di atas itu setau sy harus tanam lensa. mama sy -15. dan kebetulan sdh ada katarak di umur 50an. jd waktu itu mama sy dibersihkan kataraknya dan diganti lensa matanya dgn yg sdh ada penangkal minusnya. sejatinya pd proses operasi katarak memang lensa mata harus diganti krn memang rusak krn katarak. dlm kasus mama sy, sekalian dipasangkan lensa yg mengatasi -15. mama sy menjalankan prosedur itu setahun sblm lasik sy. so far pandangan matanya msh bagus. sy jg pernah dengar ada bibinya temen yg minus -20 menjalankan tanam lensa. coba aja dikonsul ke dokter mata. semoga ada jln terbaik

    BalasHapus
  14. Hi mba Olive, thanks sharingnya yah.. aq lagi cari cari info yang udah pengalaman lasik dari 3 hari lalu...
    Saya ada rencana lasik dalam waktu dekat di Semarang, tapi belom sampai konsultasi ke dokter, soalnya mau memantapkan hati dulu hehe..
    Saya terakhir cek -6 mata kanan & -6,5 mata kiri tapi itu udah 2 tahun lalu & belom cek lagi..
    Udah pengin lepas kacamata aja nih.. udah capek 11 tahun bergantung dg kacamata..
    Sebenernya aq masih bingung mau lasik di dr YAP Jogja atau di SEC semarang, ada masukan kah mba? (padahal mba orang bogor koq ditanya daerah Jateng) hehe barangkali ada temen yg pernah lasik di jogja / semarang..

    BalasHapus
  15. Hai mba. Salam kenal. Saya baru lasik dengan dr.donny. tp 2 hari post lasik, mata kanan saya masih kayak berkabut sedikit. Pas kontrol ke dr.ucok katanya dibawah flap ny sdikit kotor mesti dibersihka. Sya ingin minta second opinion ke dr johan. Ada kontak atau emailnya mbA? Terima kasih sblumnya

    BalasHapus
  16. Hai mba. Salam kenal. Saya baru lasik dengan dr.donny. tp 2 hari post lasik, mata kanan saya masih kayak berkabut sedikit. Pas kontrol ke dr.ucok katanya dibawah flap ny sdikit kotor mesti dibersihka. Sya ingin minta second opinion ke dr johan. Ada kontak atau emailnya mbA? Terima kasih sblumnya

    BalasHapus
  17. Dear Olive, Kami turut prihatin dengan yang Olive alami, sekarang bagaimana keadaan bulu matanya apa masih tumbuh kedalam dan harus dicabut berkali-kali? Terus bagaimana dengan kornea yang tergores sudah kembali normalkah? Mudah-mudahan bulu matanya tumbuh normal kembali dan korneanya juga pulih seperti semula. rupanya kita senasib nih pingin rasanya bisa sharing sama Olive. no. hp/WhatsApp saya 0811808845. God Bless Olive !

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. halo mbak,mata saya yg kiri jg agak buram setelah dilasik. apakah bener gara2 bulu mata & gejalanya apa? & apa yg harus dilakukan? trims. udah ga nyaman banget nih

    BalasHapus
  20. halo mba olive, salam kenal. mba, setelah lasik apakah besoknya bisa langsung beraktivitas atau bedrest dulu? klo bedrest kira2 berapa lama ya mba? terima kasih

    BalasHapus
  21. halo mbak, proses pembukaan flap atau proses lainnya apakah ada yang menggunakan pisau/alat yang menyentuk mata? untuk kepala apakah ada penahannya agar tidak menoleh?

    BalasHapus
  22. Halo mbak olive nanya dong kira2 mata bekas lasik boleh pake softlense ga ya?
    Sy lasik tahun 2012
    Apa boleh sy mnta kontak dokternya ada bbrpa pertnyaan yg mau sy tnyakan mbak krn dlu sy gatau bnyak krna msh kecil gatau apa2.


    Btw ada pesan apa yg d katakan dokter stlh operasi? Cth gaboleh pke kcamata lagi

    BalasHapus
  23. Sy lasik umur 16 tahun sbnrnya blm boleh tp krna kta dokter minus dgn umur sgtu kasian takut makin parah. Jd dokter cuma memperbolehkan mata kiri sy aJa yg di lasik -11 kanan msh minus 5 dlu.
    Smnjak itu smpk skrg sy gprnh pke kcmta dll tp mata kanan sy minusnya nambah jd -8 huhu
    Tp Kmrn wisuda sy pgn bgt pke soflense jd sy coba cek up ke RS swasta d sby sklgs mnanyakan apakah mata bekas lasik boleh pke softlense, stlh sy cek trnyta boleh, dstu sy sneng sy belilah soflense. Sedihnya sy cuma nyoba pertama kali pakai mmang aman ga perih tp pas nyoba utk kedua kali 2hari kmudian perih mata merah air mata ngalir trs jd sy lepas ternyata bsknya sy ngeliat tulisan di papan dijln2 gt buremmm. Sy sedih sekali mbak banyak pertanyaan d pkiran sy apa ini efek softlense apa gmna pdhl pakenya ga sampek set jam.
    Pgn ke jec lgsg ceknya tp blm ada duit, kira2 dokter spesialis mata yg buka praktek gt bsa kasi jwbn ga ya?

    BalasHapus
  24. Apakah ada efek negatif stlh 3 thn lasik?

    BalasHapus
  25. Untuk mata kering sampai berapa lama mba?

    BalasHapus